Polisi Diminta Usut Ilegal Logging di Seram Bagian Timur

  • Share

SBT,Medgo.ID,- Polisi di minta usut dugaan ilegal logging yang marak terjadi di desa Waru dan Dawang Kecamatan Teluk Waru, serta Desa Salas Kecamatan Bula Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), karena sangat meresahkan warga.

Puluhan truk sering masuk – keluar memuat kayu jenis Belu, kondisi ini terus terjadi di tiga desa tersebut, sehingga dapat dipastikan pengangkutan puluhan hingga ratusan kubik kayu hampir terjadi setiap saat.

Dari hasil penelusuran media ini di lapangan, puluhan kubik kayu belu dengan ukuran log dan persegi empat siap di angkut keluar kota Bula Kabupaten Seram Bagian Timur.

Lihat juga :  Gelombang Pasang Hantam TPU di Desa Hote, Puluhan Jenazah Dipindahkan

Rata rata kayu tersebut di ambil dan di bawa ke kota Ambon oleh sejumlah pengusaha kayu di kota Ambon yang berafiliasi dengan pemain kayu di SBT.

Puluhan kubik kayu yang siap angkut ini, terpantau berada di desa Salas kecamatan Bula. Sementara puluhan kubik lainnya berada di desa Dawang dan desa waru.

Kuat dugaan kayu kayu tersebut di angkut tanpa dokument, selain itu kuat dugaan juga, ada orang dalam yang ikut bermain sebagai penunjuk jalan bagi pengusaha dari luar Seram Bagian Timur.

Lihat juga :  Hadirkan Pengurus Masjid, Barends Sosialisasikan 4 Pilar Bangsa

Olehnya itu, dari sumber yang di temui di lapangan, kayu belu puluhan kubik yang berada di desa Salas ini, diduga milik pengusaha Edy.

“Kayu yang di depan itu milik bos Edy” pungkas sumber yang enggan namanya dipublis kepada media ini. Sabtu(17/9/2022).

Rata rata para pegiat kayu di desa Salas, Dawang dan waru itu diambil dengan cara memesan dan membeli di tanpa lengkapi dokument, terutama dokument pemanfaatan hutan konfensionel dan dokumen pengangkutan kayu.

Lihat juga :  30 Kelompok Tani di Seram Bagian Timur Budidaya Ikan

Dia meminta aparat kepolisian, Polres Seram Bagian Timur di minta tegas dalam pengawasan dan penindakan terhadap pelaku ilegal logging yang marak terjadi di SBT ini.

“Kami meminta kepada apara kepolisian tegas menindak pelaku kayu di sini, karena cukup meresahkan kami. Tambah sumber tersebut.( Wattimena).

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.