Konflik Ori – Kariu, Kapolda Maluku Imbau Warga Menahan Diri dan Jaga Kedamain

  • Share

MALUKU,Medgo.ID,- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku, Irjen Lotharia Latif meminta masyarakat kedua Negeri yang bertikai di Pulau Haruku yakni Negeri Kariu dan Dusun Ori Negeri Pelauw untuk dapat menahan diri dan tetap menjaga Kedamaian.

Hal ini disampaikan Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif kepada salah satu awak media SBB lewat pesan singkat via WhatsApp (WA) Rabu, (26/1/22) saat dimintai keterangan terhadap masalah kedua Negeri tersebut.

“Kita himbau untuk semua kelompok masyarakat dapat menahan diri dan menjaga kedamaian disana dengan tetap menjunjung tinggi HAM dan kerukunan antar sesama,”himbau Kapolda.

Lihat juga :  Longboat Terbelah Dihantam Ombak, 2 Warga Jikumerasa Berhasil Diselamatkan

Dikatakan bahwa dirinya bersama Gubernur Maluku dan Pangdam IX Pattimura telah melakukan koordinasi dalam proses penyelesaian masalah dengan mengirim pasukan pengamanan untuk mencegah terjadinya konflik baru.

“Kita sudah bergerak bersama dengan Gubernur dan Pangdam untuk menyelesaikan masalah disana, dan telah kita kirim perkuatan dan penambahan pasukan untuk mencegah konflik susulan,”ungkap Kapolda.

Dirinya juga kembali menghimbau agar masyarakat tidak lakukan kekerasan dan anarkis.”Kita himbau masyarakat untuk tidak anarkis dan lakukan kekerasan terhadap sesama yang potensi menjadi pelanggaran pidana atau kejahatan,”pinta Kapolda.

Lihat juga :  Vaksinasi Lampui Target Nasional, SBT Berhasil Capai 70%

Dirinya berharap persoalan ini dapat cepat terasi dan diselesaikan secara kekeluargaaan hidup orang basudara di Maluku Pela Gandong.”Persoalan ini agar diselesaikan melalui proses adat dan tokoh-tokoh agama/masyarakat dan kalo perlu lewat hukum positif,”harap Kapolda. (rdksi)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.