Kasus Gratifikasi Insfrastruktur di Kabupaten Bursel, KPK Periksa 14 Saksi

  • Share

BURU,Medgo.ID, – Sebanyak 14 orang saksi yang berasal dari ASN kabupaten Buru Selatan, Maluku dipanggil KPK untuk menjalani pemeriksaan terhadap kasus dugaan gratifikasi infrastruktur kabupaten Buru Selatan tahun 2011 – 2016 di

Pemeriksaan terhadap 14 saksi tersebut berlangsung di Polres Buru, Senin 24 Januari 2022.

14 orang diperiksa sebagai saksi sebagian berasal dari ASN lingkup Burus Selatan sebagai saksi diantaranya, Adrian Maun Kepala Bidang Cipta Karya tahun 2014-2016, Agus Mahargianto sebagai PPK pada Dinas PU kabupaten  Buru Selatan sejak tahun 2014, Ajid Kunio ASN pada Balai Pelaksanaan Jalan XVI Ambon. Alexander Torry Panitia Pengadaan atau Kelompok Kerja (Pokja) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang periode tahun 2011-2016.

Lihat juga :  Beredar Senpi di Tambang Gunung Botak, Kodam XVI/Pattimura Gelar Operasi Gaktib

Cones A. Sahetapy Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Setda kabupaten Buru Selatan, Evi Rosalina selaku ASN, GAMAR TH Bendahara BPKAD dari tahun 2010 sampai sekarang, Gregorius Yosep Tortet kepala Bidang pada Bappeda dan Litbang tahun 2019 sampai sekarang,Hongdiyanto Silvia sebagai Direktrur PT DHARMA BAKTI ABADI

Ilyas Akbar Waeal Staf Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum dari tahun 2012 sampai Sekarang. Joseph A.M.Hungan Kabid Bina Marga Dinas PU Kab. Buru Selatan (PPK).

Serta ada pula Liem Sin Tiong Wiraswasta (Karyawan IVANA KWELJU). Markus Kwelju Direktur CV. FAJAR MULIA dan Rajab Letetuny anggota Panitia Pengadaan atau Kelompok Kerja (Pokja) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang kabupaten Buru Selatan Tahun 2012.

Lihat juga :  Dukung Program Smart City, BNI dan Pemda Buru Tandatangani MoU

Para saksi menjalani pemeriksaan di ruang sat Reskrim Polres Buru pukul 10:00 wit. Namun dari total saksi yang namanya masuk dalam daftar panggilan, dua diantaranya Agus Mahargianto sebagai PPK pada Dinas PU di kabupaten Buru Selatan sejak tahun 2014 masih berada di Jakarta sedangkan  Ajaid Kunio PNS Balai Pelaksanaan Jalan XVI Ambon. tidak hadir dalam pemeriksaan karena telah meninggal dunia.

Sampai saat ini belum ada informasi resmi dari pihak KPK terkait penetapan tersangka. KPK masih terus melakukan pemeriksaan, pengumpulan bukti bukti dan pemanggilan saksi terkait kasus gratifikasi infrastruktur kabupaten Buru Selatan.

Sementara pemeriksaan kepada para saksi KPK juga melakukan penggeledahan terhadap rumah salah satu saksi Liem Sin Tiong alias Tiong. Yang diduga sempat menjadi pemegang terbesar proyek di kabupaten Buru Selatan pada saat itu.

Lihat juga :  TP PKK Kabupaten Buru Gelar Rakor Evaluasi Kerja

Penggeledahan dilakukan pada pukul 2:10 wit. Namun sayangnya wartawan tidak diperkenankan masuk untuk meliput proses penggeledahan yang berlangsung di rumah pribadi Tiong beralamat di kawasan BTN tatanggo. Namlea. Kabupaten Buru.

Diperkirakan. penggeledahan yang berjalan lebih dari 4 jam di kediaman pribadi Tiong ini masih terus berjalan hingga KPK berhasil mengantongi sejumlah bukti aliran dana dan bukti bukti lain kasus yang menyeret nama mantan bupati buru selatan . Tagop Sudarsono solusa. Rencananya pemeriksaan oleh KPK terkait kasus ini akan berlangsung selama beberapa hari kedepan.(NB)

 

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.