Kantor Ketahanan Pangan SBT jadi Langganan Banjir Saat Turun Hujan, Ini Kata Kadis

  • Share

SBT, Medgo.ID, – Kantor Dinas Ketahanan Pangan, kabupaten Seram Bagian Timur ( SBT ), Maluku, sering tergenangi air saat turun hujan sehingga kantor terlihat kumuh akibat kotoran – kotoran yang ditinggalkan saat surutnya arus air tersebut.

Dengan kantor yang tidak memiliki pagar, ditambah ketika turun hujan dan banjir yang melintas area di pusat perkantoran Pemda SBT hanya bisa pasrah melihat area perkantoran terendam air, terlebih lagi perubahan cuaca yang tidak teratur menjadi kekhawatiran tersendiri bagi dinas khususnya kantor dinas Ketahanan Pangan yang sering menjadi area bebas air itu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan SBT Mirnawati Derlean mengungkapkan, jika turun hujan pasti kantor dinas Ketahanan Pangan dikelilingi genangan air dan didepan kantor menjadi jalan bagi banjir kiriman samping kiri – kanan kantor tersebut, sehingga kondisi itu sangat mengganggu pelayanan pemerintahan saat jam kantor.

Lihat juga :  Polres SBT Grebek, dan Tangkap 3 Orang Pengguna Narkoba

Sangat mengganggu aktivitas kantor dan pelayanan kepada masyarakat kemudian pemandangan kantor yang sangat buruk. Juga menjadi tempat penampungan sampah dari berbagai tempat. ‘’ Sehingga kalau selesai banjir maka kami akan melakukan pembersihan secara besar – besaran, ” Demikian diungkapkan kepala Dinas Ketahanan pangan SBT itu, sabtu (5/3/2022) di Bula.

Sementara itu upaya yang dilakukan pihak dinas Ketahanan Pangan guna mengatasi masalah tersebut. Kata Derlean, pihaknya saat ini telah membangun talud penahan banjir dibelakang kantor dinas Ketahanan Pangan. Upaya itu dilakukan guna menahan arus air yang hendak masuk dihalaman kantor yang pimpinannya itu.

Lihat juga :  Bupati Kaliobas Buka Sampul UAS di SMP Negeri 4 SBT

Sedangkan untuk pagar depan dan kanan kantor dinas ini belum dibangun permanen menggunakan beton, karena anggaran yang milik dinas Ketahanan Pangan tidak mampu untuk membiayai pekerjaan pagar dimaksud.

Dengan keterbatasan anggaran yang dimilik dinasnya itu, Derlean meminta agar dinas – dinas teknis terkait dapat membantu pembuatan pagar guna mengantisipasi banjir yang akan datang sewaktu-waktu.

Didepan itu juga rawan, karena air sering masuk keluar lantaran basis air dari kantor KPU dan sekitarnya, jadi didepan ini sebelum membuat pagar akan dibuat pondasi. ‘’ Insya Allah kalau dapat anggaran pagar di ABT tahun ini atau di tahun 2023, maka segera kita buat pagar kantor, ” kata dia menambahkan.

Lihat juga :  Ini Pesan Bupati Mukti Kaliobas Saat Buka Pameran Ekonomi Kreatif

Ia jua membeberkan,  sebelum dibangun pagar, pihaknya akan membangun paving block untuk menutup permukaan tanah yang sering digenangi air, namun diakuinya, paving block yang dibangun tersebut hanya terbatas di area apel para pegawai dinas serta area parkir pegawai.

‘’Intinya saya fokus dan yang menjadi perhatian adalah pagar depan, serta kelanjutan paving block pada semua area kantor. ” pinta dia menutup keterangannya.( Wattimena).

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.