Jelang Harhubnas, Kantor UPP Bula Gelar Bersih Pantai

  • Share

SBT,Medgo.ID,-Sebagai rangkaian memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2022, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur melaksanakan Gerakan Bersih Pantai di wilayah pesisir Pantai Pelabuhan Sesar pada Kamis, (15/9/2022).

Kegiatan bersih pantai seputaran wilayah pelabuhan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Pelabuhan Bula Abdul Radak Kelrey dan juga melibatkan Dit Polairud, Posal Angkatan Laut dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Bula serta seluruh staf kantor Pelabuhan Bula.

Kepala Kantor Pelabuhan Kelas III Bula Abdul Radak Kelrey disela-sela kegiatan tersebut kepada media ini menjelaskan, kegiatan bersih-bersih pantai di sekitar area pelabuhan tersebut sebagai salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang jatuh setiap tanggal 17 September.

Lihat juga :  Musrenbang RKPD Tahun 2023 Digelar, Bupati SBT Minta OPD Berfikir Terbuka

Pria perawakan Ukar Lean tersebut mengatakan gerakan bersih pantai untuk memperingati Harhubnas sebagai agenda rutin untuk menanggulangi sampah yang ada di seputaran area pelabuhan untuk menghindari dari pencemaran laut di pesisir wilayah pelabuhan.

Selain itu, menurut orang number one di Pelabuhan Bula itu menyebutkan, pada saat ini digelar kembali perayaan Harhubnas setelah tiga tahun sebelumnya hanya dirayakan secara daring. Pasalnya, diseluruh dunia termasuk Indonesia dilanda pandemi Covid-19 sehingga agenda rutin hari perhubungan pun ikut tertunda.

“Sebenarnya tahun sebelumnya tidak bisa dirayakan karena Pandemi Covid, tapi tahun ini kita sudah bisa merayakan dan kami yang ada di naungan Kementerian Perhubungan menjadi tugas wajib yang harus kami rayakan,” terang Kelrey.

Lihat juga :  Harga Angkot Naik, FMPR Demo Dinas Perhubungan SBT

Dengan adanya kegiatan ini, Ia berharap agar tugas menjaga ekosistem laut bukan hanya tugas institusi, namun juga tugas bersama. Baginya, masyarakat juga harus turut andil bersama-sama menjaga eksositem laut. Untuk itu Ia juga akan membuat peringatan kepada setiap operator kapal agar tidak membuang sampah di sekitar wilayah pelabuhan.

“Jadi di dalam momentum ini ada berberapa agenda yang UPP Pelabuhan Kelas III Bula laksanakan nantinya diantaranya bersih pantai, gerakan jalan sehat, senam sehat dan doa syukuran pada malam puncak perayaan Harhubnas,” pungkas Kelrey.

Lihat juga :  Semburan Lumpur di SBT Capai 10 Meter, Kilbaren: Tak Beracun Namun Mudah Terbakar

Selain itu Alumni Universitas Darusalam Ambon mengatakan, dalam rangkaian peringatan Harhubnas, keesokan harinya Kantor UPP Bula juga akan melakukan jalan sehat dan senam sehat bersama Pemerintah Daerah yang melibatkan seluruh stakeholder terkait dan juga masyarakat yang ada di Kota Bula Kabupaten SBT dimana titik starnya dimulai dari Gerbang Pantai Gumumae sampai Finish di Pelabuhan Sesar.

“Hari ini dilakukan dengan kegiatan bersih pantai dan besok akan dilanjutkan dengan jalan sehat dan senam sehat dengan menyediakan sejumlah door prize yang dilakukan secara undian kepada seluruh pihak yang hadir,” tuturnya.( Rad/ Im)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.