Irwan Rumalean: Pendidikan di Seram Bagian Timur Meningkat

  • Share

SBT,Medgo.ID,- Mutu Pendidikan di Kabupaten Seram Bagian Timur di bawah kepemimpinan Pelaksana tugas (Plt) Sidik Rumalowak mengalami peningkatan. Hal itu disampaikan Sekretaris Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Dr Irwan Rumalean.

Pernyataan itu disampaikan Rumalean usai menyerahkan ratusan mahasiswanya untuk mengikuti PPLP II di Bumi Ita Wotu Nusa. Rumalean mengapresiasi Pemda SBT melalui dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga atas peningkatan pendidikan di Kabupaten setempat.

Sebelum menurunkan mahasiswa PPLP, terlebih dahulu dilakukan pengamatan terhadap tingkat kemajuan pendidikan di kabupaten Seram Bagian Timur.

Dari hasil pengamatan pihak Unpatti, kata Rumalean pendidikan di SBT sangat mengalami kemajuan yang luar biasa, sehingga kami optimis untuk terjunkan mahasiswa ke kabupaten ini  guna melaksanakan prakter lapangan.’’ Pendidikan dibawa pimpinan kadis Sidik Rumalowak sangat maju dan berkembang’’ akuinya

Lihat juga :  Canangkan BIAN di SBT, Widya: Lindungi Anak Dari Penyakit, Cegah dengan Imunisasi

Sebagai sekretaris, saya menilai bahwa salah satu kepala dinas yang memiliki pemikiran – pemikiran yang cemerlang dalam melakukan terobosan dengan loncatan-loncatan  yang jauh kedepan untuk membangun pendidikan di tingkat kabupaten SBT.

Dan berdasarkan data yang peroleh pihaknya itu, dinas Pendidikan di SBT di dua tahun lalu itu berada di dua terbawah untuk mutu pendidikan di provinsi Maluku. Namun ditangan Rumalowak pendidikan di SBT mengalami peningkatan dan saat ini berada pada posisi empat besar peringkat mutu pendidikan di Maluku, ” Ucap Sekretaris Dekan FKIP Unpati Maluku itu kepada wartawan di Bula, Minggu ( 9/1/2022).

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa FKIP Unpatti melihat perkembangan pendidikan di SBT tersebut sebagai sebuah pergerakan yang bagus, sehingga untuk melanjutkan kerjasama Universitas Pattimura dengan Pemda SBT yang sebelumnya telah terjalin, untuk lebih memperkuat itu maka dilakukan pengiriman mahasiswa – mahasiswa guna melakukan praktek dan penelitian di bumi penghasil minyak dan gas ini.

Lihat juga :  Bupati Mukti Kaliobas Serukan Pesan Damai Saat Tinjau Serbuan Vaksinasi

Menurutnya. penilaian dari FKIP itu, pendidikan di SBT sudah mulai beranjak bagu. Dan saya  kira pendidikan ini tidak bisa kita selesaikan dalam hitungan hari, tetapi pa Rumalowak sebagai decusion makers pada dinas pendidikan hanya beberapa tahun terakhir ini, mungkin satu tahun namun sudah melakukan banyak hal.

Oleh karenanya, itu sebagai nilai tambah dan kredit poin yang luar biasa. Maka pelaksanaan PPLP yang paling terjauh untuk semester ini yaitu di Seram Bagian Timur,” Tambahnya.

Lihat juga :  Bilahmar : Jembatan Wai Salas Segera di Tangani

Bahwa penempatan PPLP di suatu daerah tentu memiliki kriteria – kriteria misalnya, sekolah di daerah itu harus memiliki akreditasi minimal B dan kabupaten SBT sudah masuk dalam kriteria tersebut. Sehingga menurut Dosen Unpati asal pulau gorom itu jika kabupaten SBT menjadi skala prioritas pelaksanaan PPLP FKIP kampus merdeka Maluku saat ini.

Sudah saatnya dinas Pendidikan membuka diri dengan bekerjasama dengan lembaga-lembaga terkait, seperti lembaga Perguruan tinggi, lembaga penelitian serta pemda dan pemkot lain, sebab sistem sekarang tidak bisa lagi kerja sendiri – sendiri, namun perlu adanya kolaborasi lintas sektor, lintas ilmu dan keilmuan.

‘’ Jadi apa yang dilakukan oleh kepala dinas Pendidikan saat ini sudah mampu menjawab tantangan pembelajaran abad 21,” jelas Rumalen menutup. ( Wattimena).

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.