Gandeng TNI, PPKB SBT Gelar Pelayanan KB Gratis di Puskesmas Teluk Waru

  • Share

SBT,Medgo.ID,- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB), Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) bersama TNI setempat melakukan program Manunggal Keluarga Berencana dan Kesehatan.

Pelayanan kesehatan kemanusiaan itu, diselenggarakan di Puskesmas Waru, Kecamatan Teluk Waru.Pada Selasa (13/9/2022).

Kegiatan pelayanan Keluarga Bencana (KB) dalam rangka “Momentum Manunggal TNI Bangga Kencana Kesehatan Terpadu Tahun 2022″ itu dilakukan sebagai implementasi dari kerja sama antara PPKB dan TNI dalam Penguatan Kependudukan.

Mewakili Kepala Dinas, Kepala seksi Advokasi dan Pergerakan Bidang Pengendalian Penduduk (PPKB) SBT Syamsul.B.Mustamar mengatakan, kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari hasil audiensi Kepala BKKBN bersama dengan Panglima TNI pada tanggal 12 Juli 2022 lalu.

Yang mana, kata Mustamar telah disepakati terkait perlunya memperkuat kembali kolaborasi BKKBN dan TNI dalam upaya percepatan penurunan stunting, melalui momentum bhakti TNI Manunggal Bangga Kencana – Kesehatan Terpadu Tahun 2022 ini.” Kata Mustamar kepada media ini. Selasa (13/9/2022).

Lihat juga :  Kantor Ketahanan Pangan SBT jadi Langganan Banjir Saat Turun Hujan, Ini Kata Kadis

Oleh karena itu jelas Mustamar, salah satu rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan adalah pelayanan KB secara gratis kepada warga masyarakat di kecamatan teluk waru.

“Jadi PPKB SBT bersama TNI pada hari ini selalu mengkampanyekan pada semua masyarakat terkhususnya di Kabupaten SBT untuk selalu mengikuti program Keluarga Berencana.” Jelas Mustamar menambahkan.

Lebih lanjut, ia membeberkan , untuk merubah mindset masyarakat, butuh waktu serta selalu mensosialisasikan dan mendatangi tokoh – tokoh formal untuk bagaimana bisa mensukseskan program KB di Desa.

Lihat juga :  Komisi C DPRD dan Bagian Kesra Setda SBT Bahas Dana Haji

“Untuk kecamatan Teluk Waru ini memliki sebelas desa, namun yang diakomodir ikuti program tersebut sebanyak tiga desa yakni, desa Administrasi karay, desa Administrasi Bonvia Gunung dan desa Tubir Masiwang.” Sebut dia menuturkan.

Menurutnya, untuk target aseptor yang dilakukan dalam kegiatan program ini disiapkan berjumlah 34, diperuntukan kepada 3 desa yang mengikuti pemasangan implan secara gratis, namun jumlah itu belum cukup mencapai target, yakni targetnya adalah 25 hingga 30 IRT di puskesmas Teluk Waru.

Untuk puskesmas Teluk Waru, pemasangan implant gratis metode kontrasepsi jangka panjang selama 3 tahun yang dilakukan adalah peningkatan yang sangat luar biasa, karena pengalaman selamanya ini hanya, 3 sampai 5 orang saja yang ikut program tersebut.

Lihat juga :  Gubernur Maluku Buka Festival Kataloka Tahun 2021

“Jumlah ini merupakan peningkatan yang luar biasa, insha Allah kedepan di Tahun 2023 kita agendakan untuk menyasar lebih banyak lagi desa – desa di lima belas kecamatan, dengan sasarnya diperuntukan untuk masyarakat secara keseluruhan.” Ujarnya.

Sementara itu, Babinsa Waru, Sertu La Alubi sebagai tenaga penggerak dan motivator dilapangkan mengungkapkan, TNI merupakan mitra kerja yang sangat potensial dalam mempercepat pencapaian keberhasilan program keluarga berencana, sehingga dapat menekan angka kelahiran di Teluk Waru.

“Melalui kegiatan kerja sama seperti ini terus akan menghasilkan formula yang dapat mendorong terwujudnya ketahanan keluarga sebagai kekuatan mendasar dalam rangka mewujudkan ketahanan Nasional,” Pungkas Sertu La Alubi.( Wattimena)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.